Keberadaan Command Center di Kabupaten Garut Diharapkan Menjadi Titik awal Pengembangan Informasi Lengkap dan Akurat

303
Ket Foto : Forkopimda saat foto bersama usai peresmian gedung Command Center Garut. (Foto oleh : Indra R).

Koran-Fakta.com (KF).- Bupati Garut, H.Rudy Gunawan secara langsung meresmikan gedung Command Center Garut dan Aplikasi Layanan Smart City Garut. Selasa (31 Desember 2019) Siang.

Berdirinya Kantor Gedung Command Center Garut yang berada persis di samping Gedung Pendopo alun-alun kabupaten Garut tersebut berjutujuan untuk Koordinasi, Komunikasi, Kendali dan Informasi. Juga selain itu fungsi dari Command Center juga tentunya Sebagai monitoring room, Membantu mempermudah jalannya meeting dan koordinasi antar unit kerja di lingkup Pemkab Garut, Membantu memastikan jalannya meeting, respon dan aksi yang diambil adalah seakurat mungkin sesuai data yang ada, bahkan dianggap penting dalam melakukan manajemen krisis.

Dalam sambutannya Bupati Garut mengatakan, keberadaan Command Center di kabupaten Garut menjadi titik awal bagi pengembangan informasi yang baik, kemajuan teknologi akan memberikan dampak orang akan tahu kelebihan.

“ Tetapi orang juga akan tahu kelemahan kita, itu pun tanpa rekayasa, dan itu harus kita sikapi bersama”, kata Bupati Garut.

Pihaknya berharap aplikasi ini bisa terjangkau oleh semua kecamatan, sehingga informasi terkait apapun dapat dilihat dan dibaca oleh warga masyarakat Garut.

“Saya berharap keberadaan Command Center dan Videotron yang saat ini diresmikan dapat bermanfaat dan meningkatkan kemajuan di kabupaten Garut,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi H Muksin memaparkan, Gedung Command Center Garut adalah sebuah ruangan sebagai pusat visualisasi dan integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.

“Pembangunan Command Center Garut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019 dimana pada tahun 2019 ini selain Kabupaten Garut yang telah mendapatkan banprov ini, juga terdapat 3 (tiga) kabupaten di Jawa Barat antara lain Kabupaten Cirebon, Kabupaten lndramayu dan Kabupaten Pangandaran”, jelasnya.

Sambung Muksin, Keberadaan Command Center sangat strategis karena menjadi lokasi untuk koordinasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan kabupaten dan daerah, serta sebaliknya untuk memperoleh informasi lengkap sehingga dapat mengambil keputusan strategis atas segala permasalahan yang muncul.

“Penyediaan Command Center selain untuk membantu kinerja pemerintah, juga harus dapat menghadirkan kemudahan bagi masyarakat, kemudahan itu paling tidak dalam bentuk penyediaan informasi yang lengkap dan akurat yang dibutuhkan masyarakat selama ini,” ungkapnya (Indra R)

Editor : Tomy

BAGIKAN