Kecamatan Tarogong Kidul, Uji Coba Tempat Pengolahan Sampah Penghasil Gas

137
Ket Foto : Camat Tarogong kidul Drs. Doni Rukmana saat Akan Mencoba Alat penghancur sampah penghasil Gas. (Foto oleh : Indra R)

Koran-Fakta.com (KF).- Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Bekerjasama dengan Kelompok Tani SINTOK Kecamatan Cisewu, melakukan uji coba tempat pengolahan sampah produktif yang dapat menghasilkan Gas untuk bahan bakar alternatif.

Alat tersebut setidaknya mampu mengatasi persoalan sampah yang saat ini seringkali menjadi persoalan.

Camat Drs.Doni Rukmana, mengatakan Bahwa, sampai saat ini keberadaan sampah sangat memprihatinkan, dan ketermanfaatan sampah itu belum termanfaatkan dengan baik.

“Padahal, jika masyarakat jeli sampah tersebut bisa dikelola menjadi barang bermanfaat bahkan bisa bernilai ekonomis,”ucapnya saat melakukan uji coba mesin penghancur sampah, Rabu di halaman Rumdin Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (19/05/2021) Siang.

Dikatakan Camat Doni, Selain membantu menekan produksi sampah, konsep ini juga turut membantu perekonomian warga.

“ Sehingga, sampah yang dihasilkan ini memiliki nilai manfaat, terutama dari sisi ekonomi,” jelas dia.

Lebih jauh mengatakan, Dari sampah yang dikelola dengan teknologi ini, menghasilkan energy terbarukan sebagai pengganti bahan bakar kompor dan hasil dari limbah pembakan bisa digunakan untuk cat

“Oleh karenanya, ia ingin ke depannya alat ini bisa menjadi alternatif masyarakat menekan produksi sampah termasuk mendapatkan tambahan penghasilan bagi semua warga, ” Ungkapnya

Ia menambahkan, untuk kelangsungan dari hasil saat ini kami masih terkendala akan ijin atau legalitas yang takutnya berbenturan dengan peraturan dan kesiapan SDM masyarakat dalam pemilihan sampah di tiap Rumah tangga untuk menjadi bahan

“Karena untuk menghasilkan bahan gas ini sedikitnya memerlukan sebanyak 50 Kg sampah, dan untuk sampah yang bisa digunakan yaitu sampah kering (non Organik),” Tandasnya.

Sementara, Yudiyana Salah seorang Kelompok Tani SINTOK Yang akrab disapa kang Yudi Layung menyampaikan, cara kerja mesin pengolah sampah yang diciptakan menurutnya tidak ada tingkat kesulitan dalam cara mengoperasikan alat pengolahan tersebut.

“ Tidak ada kesulitan, bahkan selain menghasilkan Gas, Bekas bahan bakar sampahnya juga bisa dijadikan cat, sejenis Aquaprof atau penambal atap genteng yang bocor,” ungkapnya (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN