Ketum ISSI Jabar Bakal Sukseskan Kejurnas balap sepeda “ICF National Championship 2021”

135
Ket photo : Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) ISSI Jabar, Yudi Nugraha Lasminingrat saat ditemui sejumlah wartawan.

koran-fakta.com (KF).- Setelah mendapatkan kepercayaan untuk menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda oleh PB ISSI. Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jawa Barat, melakukan rapat koordinasi yang bertempat di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kejurnas balap sepeda yang pertama kali digelar dalam dua tahun terakhir ini mengambil tema “ICF National Championship 2021” ini pun menjadi kejuaraan balap sepeda tingkat nasional yang perdana digelar PB ISSI di tahun 2021.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) ISSI Jabar, Yudi Nugraha Lasminingrat mengatakan, penunjukkan Jabar sebagai tuan rumah kejurnas berdasarkan surat keputusan PB ISSI nomor 0083/B-PB ISSI/III/2021. Kejurnas bertajuk ‘Garut – Jawa Barat Untuk Indonesia; Sinergi Potensi Raih Prestasi’ ini akan digelar pada 21-29 Agustus 2021.

“Untuk persiapan sudah mencapai 80 persen. Jadi tinggal melaksanakan proses pelaksanaan teknis dan akan kita segera laporkan kepada Ketua Umum PB ISSI Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo,” kata Yudi usai pelaksanaan rapat koordinasi panitia pelaksana kejurnas balap sepeda di kantor KADIN Garut, Jalan Pembangunan, Simpang Lima, Tarogong, Garut, Minggu (13/6/2021).

Kejurnas balap sepeda ‘ICF National Championship 2021’, kata Yudi, akan mempertandingkan nomor Individual Road Race (IRR), Criterium, Individual Time Trials (ITT), BMX Freestyle, BMX Trials, Track, MTB Down Hill (DH), dan MTB Cross Country (XC). Masing-masing nomor tersebut, akan mempertandingan untuk kelas junior dan elite.

“Pertandingan akan dipusatkan di Kabupaten Garut, kecuali untuk nomor lomba track yang akan digelar di Velodrome, Cisangkan, Kota Cimahi,” Yudi menambahkan.

Digelar ditengah meningkatnya kasus Covid-19 saat ini, Yudi menegaskan jika penerapan protokol kesehatan (prokes) menjadi hal yang wajib ditaati semua peserta, panitia, hingga pihak terkait lainnya tanpa kecuali. Hasil swab test menjadi salah satu persyaratan pendaftaran setiap peserta, meski akan kembali dilakukan swab test serta pelaksanaan isolasi sebelum atlet bertanding.

“Selain masalah non-teknis terkait kesiapan tempat pertandingan yang sudah kita koordinasikan dengan Bupati Garut, dinas terkait di Pemkab Garut, dan Polres Garut, kita pun melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Garut terkait penerapan prokes ini,” kata dia.

Yudi juga mengatakan Bupati Garut Rudy Gubawan, SH, MH, sangat antusias dengan penunjukkan Jawa Barat khususnya Kabupaten Garut sebagai tuan rumah pelaksana kejurnas balap sepeda. Bupati Rudy pun sudah menyatakan kesiapannya untuk melakukan perbaikan-perbaikan jalan yang digunakan sebagai venue pertandingan dalam mendukung suksesnya kejuaraan. 

Tak hanya itu, Bupati pun berharap kejurnas di Kota Dodol ini bisa dilaksanakan layaknya Tour d’Ijen di Banyuwangi yang sudah digelar sejak 2012. Seperti diketahui, International Tour de Banyuwangi Ijen atau yang lebih dikenal dengan nama Tour de Ijen sudah masuk dalam kalender kejuaraan induk organisasi balap sepeda dunia (Union Cycliste International, UCI) sebagai UCI Asia Tour 2.2.

“Untuk itu, kami dari Pengprov ISSI Jabar pun menunjuk event organizer, PT Biduri Ningrat Abadi agar pelaksanaan kejurnas ini bisa terselenggaran dengan baik dan sukses,” Yudi menuturkan.

Kejurnas balap sepeda ‘ICF National Championship 2021’ ini, akan diikuti oleh perwakilan atlet dari 34 provinsi di Indonesia. Setidaknya 100 orang atlet balap sepeda dari seluruh Indonesia akan meramaikan kejuaraan sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Garut.

“Jadi kejuaraan ini bisa menjadi ajang promosi wisata Jabar sesuai dengan harapan dari Pak Gubernur Jabar terkait sport tourism. Kita akan perlihatkan kepada semua perwakilan provinsi, wisata-wisata yang dimiliki Kabupaten Garut,” Yudi menegaskan. 

Selain sukses sebagai tuan rumah penyelenggara, ISSI Jabar pun bertekad menggapai sukses dari sisi prestasi. Untuk itu, pihaknya sudah mulai mempersiapkan atlet-atlet andalan agar bisa mencetak prestasi di ajang kejurnas perdana di tahun 2021 ini. 

“Kita ingin memberikan yang terbaik. Kita ingin menunjukkan kalau Jabar itu sebagai lumbung atlet balap sepeda di Indonesia, sekaligus sebagai tuan rumah pelaksana yang baik. Sehingga prestasi pun menjadi target utama dan atlet balap sepeda Jabar yang disiapkan pengcab kota/kabupaten bisa meraih podium juara,” kata dia. (Rb*)

Editor : Indra

BAGIKAN