Kurangnya Anggaran, Pembangunan Kantor DLH Tidak Tuntas

115

Koran-Fakta.com, (KF),-Meski sudah ditambah 7 hari, pembangunan kantor baru untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut tidak tuntas. Padahal pembangunan sudah selesai berdasarkan kontrak kerja pada tanggal 31 Desember 2019 lalu, dari akibat tersebut rencana pindah pun gagal.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Uu Saepudin, mengatakan, pembangunan kantor baru DLH sudah dianggap selesai berdasarkan kontrak kerja. Hal itu disesuaikan dengan anggaran dan kontrak proyek tersebut. Namun setelah dicek ternyata kantor tersebut tidak memiliki ruang kerja untuk kepala dinas, belum dicat, dan sebagian lantai belum dipasangi keramik.

“Mau pindah gimana, masa saya harus kerja di ruang satpam, tempat lab, mushola, dan tempat kerja saya juga gak ada. Tak hanya itu, beberapa bagian pun pekerjaannya kurang memuaskan, sehingga dibutuhkan untuk perbaikan lagi,” kata Uu di ruang kerjanya, Kamis (9/1/2020).

Uu menduga, proyek pembangunan kantor DLH tersebut ada kesalahan dari bagian perencanaan, sehingga akhir dari pembangunan tersebut tidak sempurna. Salah satu contoh, kata Uu, tidak adanya ruang kerja untuk kepala dinas dan tidak dicat pun merupakan ketidakwajaran. Padahal, target waktu pengerjaan dan pembayaran sudah selesai.

Menurutnya, berdasarkan hitungan konsultan, pembangunan kantor tersebut memerlukan anggaran Rp30 miliar, kemudian turun jadi Rp11 miliar dan jadinya Rp3 miliar lebih. Dengan begitu, ada beberapa komponen yang belum dibangun dengan alasan anggaran.

“Jadi kelengkapannya menggantung, harus dirapihkan lagi, ya harus dilanjutkan, untuk pembangunan lab-lab dan segala rupanya butuh sekitar Rp1 miliar lagi. Jadi bangunan itu tidak mangkrak, karena segitu-gitunya membangun sampai kondisi saat ini,” pungkasnya (JG/**)

Editor : J Gunawan

BAGIKAN