Masuki Masa Tenang Pemilu 2019, Panwascam Garut Kota Bersam Pol PP kabupaten Garut Tertibkan Seluruh APK Disetiap Wilayah.

157
Ket foto : Saat penertiban APK diwilayah kerja kabupaten Garut. (Foto oleh : Indra Ramdani)

GARUT, (KF).- MEMASUKI Masa tenang Pesta demokrasi (PEMILU) 2019, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut terus menerus melakukan sosialisasi dan pencegahan terjadinya kecurangan money politik dimasa tenang.

Ketua Panwascam Kecamatan Garut Kota Uus sekaligus Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan dan Pelanggaran, mengatakan, pihaknya beserta rekan komisioner yang lain berharap masyarakat agar bisa berperan aktif untuk melaporkan pada Panwascam atau Pengawas Desa dan Kelurahan (PKD) jika menemukan pelanggaran pemilu money politik ataupun pelanggaran lainnya dimasa tenang maupun dihari pencoblosan nanti.

Karena sudah diatur dalam peraturan Bawaslu No.7 tahun 2018 dan UU No.07 tahun 2017 tentang pengambilan tindakan terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu melalui mekanisme tersebut, yang mana dilakukan pengkajian terlebih dahulu setiap laporan dan temuan adanya dugaan pelanggaran pemilu.

” Apakah memenuhi syarat formil dan meteril laporan dan temuan tersebut, jika memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku, Panwascam akan meregistrasi untuk ditindaklanjuti ketingkat atas, yakni Bawaslu Kabupaten karena pelangaran pemilu hanya Bawaslu yang bisa menanganinya “, jelasnya.

Ditambahkan Uus, dalam penanganannya, pelanggaran pidana pemilu pihaknya akan meneruskan pada Bawaslu Kabupaten Garut, agar ditangani oleh Gakumdu, selama 1×24 Jam jika sudah memenuhi unsur akan langsung ditindak lanjuti oleh Gakumdu.

Sementara saat memasuki masa tenang sekitar 12.01 seusai melakukan apel di halaman sekretariat, jl. Papandayan. Panwascam kecamatan Garut kota bergerak melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) kesetia zona.

“Kita tertibkan APK dibeberapa wilayah kecamatan Garut kota, yang dibagi 3 zona, setiap zona kita bagi tiga Tim, satu tim masing-masing terdiri 7 orang,” pungkasnya.

Bahkan dari pantauan Satpol-PP kabupaten Garut pun secara bersamaan melakukan penertiban hal yang sama di beberapa titik di beberapa wilayah yang dipimpin langsung kepala Bidang penegakan perda Federiko .

Laporan : Indra Ramdani

Editor : Yusuf Akbar

BAGIKAN