Meski Dilakukan Secara Daring, Hari Kedua Pelaksanaan PKKMB Mahasiswa STIE Tetap Antusias

148
Ket Foto : Namapak para Mahasiswa baru STIE Yasa Anggana Garut saat melaksanakan PKKMB di hari kedua secara daring. (Foto istimewa)

GARUT (KF).- Mahasiswa baru STIE Yasa Anggana Garut melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di hari kedua secara daring dengan sangat antusias. Sabtu, (19 September 2020).

Kegiatan yang dimulai dari pukul 07.30 sampai pukul 13.00 diikuti oleh seluruh mahasiswa sebagai peserta PKKMB menggunakan video conference Zoom Cloud Meeting.

Meskipun peserta tidak secara langsung berada dilokasi kampus, namun tidak mengurangi semangat dan antusias peserta mengikuti seluruh rangkaian materi yang diberikan dalam pelaksanaan PKKMB di hari kedua ini, para peserta tetap menggunakan pakaian yang ditentukan panitia seperti kemeja putih dan atribut lainnya yang telah diberikan pada hari sebelumnya. Pengecekan tugas harian dan kegiatan sarapan pagi pun dilakukan serempak oleh peserta meskipun berada ditempat yang berbeda.

Ketua pelaksana PKKMB tahun 2020, Hari Mulia, S.E., M.M mengungkapkan PKKMB tahun ini meskipun banyak keterbatasan dikarenakan dalam situasi pandemic Covid 19, namun kami tetap berusaha agar setiap tahapan kegiatan yang dilalui peserta tidak mengurangi esensi dan tujuan dari dilaksanakannya PKKMB ini.

Kegiatan PKKMB di hari kedua ini, peserta diberikan materi dari beberapa narasumber baik internal STIE Yasa Anggana dan eksternal termasuk dari instansi-instansi pemerintahan yang secara berkelanjutan senantiasa selalu berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan PKKMB STIE Yasa Anggana Garut dari tahun ke tahun.

Hari Mulia menegaskan, materi-materi yang diberikan kepada peserta di hari kedua PKKMB ini, melingkupi bidang akademik dan non akademik yang kaitannya erat dengan lingkungan mahasiswa dikampus dan di masyarakat. Narasumber dan materi yang diberikan dalam PKKMB di hari kedua ini, diantaranya narasumber internal dari Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan PR yang memaparkan kegiatan kemahasiswaan, organisasi mahasiswa dan unit-unit kegiatan mahasiswa.

Direktur LP2M STIE Yasa Anggana Garut terkait penjelasan Tri Dharma Pendidikan Tinggi dan pengelolaan aktivitas pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Narasumber eksternal pada PKKMB hari kedua ini di isi oleh, DANREM 062 Tarumanegara yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru tentang bela negara.

Selain itu, Kepala BPBD Kabupaten Garut memberikan ceramah singkatnya terkait mitigasi bencana. Mahasiswa baru juga diajak untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan menghindari berita-berita hoax, yang disampaikan oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Garut.

Pengenalan dan sosialisasi tindak pidana korupsi oleh Kepala Kejaksaaan Negeri Garut serta sosialisasi dan pencegahan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang oleh Kepala BNN Kabupaten Garut.

Kegiatan ditutup dengan pengenalan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di STIE Yasa Anggana Garut melalui tayangan video profil dan kegiatan masing-masing UKM. Harapannya meskipun hanya melalui tayangan video, mahasiswa baru dapat mengetahui dan memiliki antusias untuk bergabung dalam kegiatan kemahasiswaan di kampus dengan mengikuti kegiatan di UKM yang mereka pilih.

Dalam kesempatan tersebut juga, STIE Yasa Anggana Garut turut aktif dalam mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan dari sampah. Sebagai kampus yang mempunyai slogan kampus bersih, STIE Yasa Anggana Garut berkomitmen dalam mendukung Gerakan “Go Green” termasuk kepada mahasiswa baru agar memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan kampus maupun lingkungan diluar kampus. Hal tersebut senantiasa ditanamkan kepada setiap mahasiswa baru agar menjadi nilai dan budaya hidup sehat bagi segenap civitas akademika STIE Yasa Anggana Garut.(*)

Editor : Indra R

BAGIKAN