Para Kyai dan Ustad di Tasikmalaya Ikuti Rapid Test Covid-19 di Gedung MUI

200

Koran-Fakta.com (Kab.Tasikmalaya) Ratusan ulama dan kiai di Kabupaten Tasikmalaya mengikuti rapid test Covid-19 di Gedung MUI Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (7/4/2020) pagi tadi.

Wakil Gubernur Jabar H. Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pelaksanaan rapid test ini dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di kalangan ulama.

Di wilayah Jawa Barat sendiri,  masih , kata Uu, sudah ditemukan ada kluster baru dalam kegiatan keagamaan. Seperti di tempat ibadah dan pengajian masyarakat. Terlebih banyak kalangan ulama yang bertemu berbagai lapisan masyarakat dan tidak jarang mencium tangan ulama tersebut.

“Dari awal sudah menjadi target tes kategori B, termasuk rohaniwan dan pemuka agama lainnya. Sudah ditemukan ada salah satu kelompok jemaah ibadah yang masuk kluster Covid-19 di Jabar,” ujar Uu.

Masih kata Uu,  Pemprov Jabar menargetkan estimasi rapid test dilakukan kepada 5.000 pemuka agama termasuk para santri pesantren sebanyak 10.000 orang.

Terpisah, Ketua MUI Kabupaten Tasikmalaya KH. II Abdul Basith menuturkan, pihaknya menyambut baik adanya rapid test ulama dan kiai. Hal ini sebagai langkah antisipasi dalam penyebaran Covid-19.

“Dalam hal ini tentunya kita ikuti anjuran dari pamerintah, selama itu positif sesuai kemampuan pribadi masing-masing. Dan jujur saja ini merupakan langkah positif melakukan tes untuk para kiai dan ustadz,” pungkas KH. II.  (tono efendi/Ab)

Editor: J Wan

BAGIKAN