Peringati Hari CTPS, TP PKK Kelurahan Margawati Sosialisasikan Pentingnya Mencuci Tangan

81
Ket Foto : Foto bersama Kepala Kelurahan bersama Ketua TP PKK Kelurahan Margawati dan sejumlah kader diwilayah kerja kelurahan Margawati. (Foto oleh : Indra R)

Koran-Fakta.com, (KF). Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia (CTPS) yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober.kegiatan terlaksana kerjasama antara TP PKK Kelurahan Margawati dengan Puskesmas Pasundan Garut.

Pantauan dilapangan Kegiatan Hari Cuci Tangan Sedunia diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan Zoom Meeting, Senam CTPS oleh Ibu-ibu dari Pengurus TP PKK Kel.Margawati dan Anak-anak dari Warga RW 02 Kp Santiiong dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua TP PKK Kelurahan Margawati  Hj Cicih Sulastri mengatakan  Tema Hari Cuci Tangan Sedunia tahun 2020 ini yakni “Kebersihan Tangan untuk Semua”  Adalah untuk masyarakatan pencegahan penyakit covid 19.

“Salah satunya itu membiasakan mencuci tangan setiap hari dengan sabun dan air mengalir, selain itu juga gunakan masker dan jaga jarak,” Ucapanya disela-sela kegiatan.

Menurutnya, Banyak orang menganggap bahwa cuci tangan merupakan hal remeh. Padahal, kebiasaan mencuci tangan adalah awal yang baik untuk mencegah berbagai penyakit. Hal ini karena banyak wabah penyakit dapat muncul akibat tangan yang kotor. Itu sebabnya, kebiasaan mencuci tangan menjadi hal penting yang harus ditanamkan dalam keluarga.

“ Hari cuci tangan sedunia ini menjadi momentum yang tepat untuk menunjukkan betapa pentingnya manfaat cuci tangan dan menggalakkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun apalagi di masa pandemi covid -19.” Ungkapnya

Ia mengakui, untuk mensukseskannya  kegiatan CTPS ini kami TP PKK Margawati mengikuti Zoom yang diselenggarakan oleh Puskesmas Pasundan. Juga menggelar Senam CTPS dilaksanakan di 2 (dua) tempat, diantaranya  Ibu-ibu Pengurus TP PKK bertempat di Halaman Aula Kel.Margawati, sedangkan Anak-anak dilaksanakan di Halaman SDN 01-02  Margawati, hal ini dilakukan untuk menghindari supaya peserta tidak  berdesakan dan menghindari kerumunan masa.

“ Kami ikut serta berpartisipasi bersama kader TP PKK Kelurahan Margawati untuk ikut mensosialisasikan pentingnya mencuci tangan dengan sabun, ” Jelasnya

Lebih jauh mengatakan bahwa ada enam langkah dalam melakukan cuci tangan yang baik dan benar.

Karena memang STBM salah satu pilar STBM itu adalah mencuci tangan dan disambungkan dengan pencegahan Covid 19.

“ Mudah- mudahan masyarakat khususnya Kelurahan Margawati jangan ada yang terkena covid 19,  kedua cuci tangan itu merupakan sudah kebiasaan bukan asing lagi, ketiga jangan lupa memakai mas karena sudah sering disosialisasikan setiap RW, baik dari Puskesmas, Kelurahan juga kader Posyandu untuk ikut protokol kesehatan Covid-19, ” Pungkasnya (J.Gunawan)

Editor : Indra R

BAGIKAN