Selain Siapkan Anggaran, Bupati Garut Juga Himbau Tentang Social Distancing Keliling Mengunakan Kendaraan

145

Koran-Fakta.com, (KF).- Menekan tingkat penyebaran COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan Virus Corona, Bupati Garut Rudy Gunawan dengan mengendarai mobil pickup Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan pengeras suara, melakukan sosialisasi soal social distancing kepada warga dengan cara berkeliling dijalan Protokol Garut, Senin (23/03/2020)

kegiatan ini merupakan salah satu bentuk himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktifitas yang tidak jelas. Terkecuali urusan penting yang memang tidak bisa ditinggalkan.

Sebelum nya melaksanakan himbauan berkeliling menggunakan kendaraan, Bupati Garut telah melakukan Rapat dengan Ketua DPRD dan Setwan Kabupaten Garut.

” Tapi yang jelas bahwa kami sudah mengadakan pembicaraan dengan pimpinan DPRD dan sekwan. Kalau kami juga melaporkan, berdiskusi dan DPRD memberikan instruksi supaya penanganan itu bukan hanya preventif saja dari sisi wabah corona. tetapi fakta fakta lain, yang ada di antaranya adalah mereka yang dari kota pulang ke Garut karena tidak ada pekerjaan di kota di sini juga timbul masalah ekonomi,” Hal tersebut dikatakan Bupati saat ditemui di Command Center, Kompleks Pendopo Garut.

Bupati Garut Rudy Gunawan saat mengeliling menghimbau Social Distancing menggunakan kendaraan

Lanjut Bupati, jadi kami sekarang ini akan ada Jadup (jaminan hidup) yang akan dikeluarkan oleh Dinsos, “mungkin dalam satu, dua hari ini bisa dibagikan kepada mereka yang kesusahan, tapi mengingat karena waktunya lama, dan kita akan atur, ” Ujarnya

Lebih jauh Bupati mengatakan, pokoknya yang utama memang masalah kedisiplinan.
mereka tidak boleh keluar, menjaga jarak. ” jadi Social Distancing itu, harus bisa diwujudkan dalam kehidupan masyarakat dan kami akan terus kontrol dan kontrol, “imbuhnya

Bupati mengakui, pihaknya (Pemkab-red) telah menyiapkan anggaran untuk mengatasi penyebaran virus corona di Kabupaten Garut ini,

” Saat ini kami keluarkan uang secara bertahap, sekarang kami sudah mengeluarkan uang Rp. 3 Miliar itu untuk 14 hari. Rp. 3 miliar itu di antaranya Rp. 2.5 miliar dibelikan untuk Alat Kesehatan (Alkes) yaitu Rp. 1,5 Miliar untuk alat paru paru (pernapasan), untuk APD hampir Rp. 500 juta lebih. jadi kebanyakan untuk alat Kesehatan (alkes), “ungkapnya.

Dan nanti tahap kedua, lanjut Bupati Rudy, kita akan melakukan untuk kegiatan kegiatan yang memperluas preventif dan kuratif, juga kita memperluas untuk jaminan sosial, karena sudah mulai banyak orang yang agak susah.

” Sumber Anggaran tersebut dari APBD dan BTT, selain dari BTT itu kami juga boleh mengalihkan sumber anggaran. Sekarang sudah ada instruksi dari menteri bahwa Pemda boleh mengalihkan dana yang belum terpakai, misalnya contoh dana yang bersumber dari DAU dari DAD yang belum terpakai, digeserkan,” Pungkasnya (J Gunawan)

BAGIKAN