STHB Berikan Penyuluhan Hukum, Berkaitan dengan Dana Kelurahan di Kecamatan Garut Kota

240

koran-fakta.com {KF}.- Sekolah Tinggi Hukum Bandung (STHB) Berikan penyuluhan hukum mengenai keuangan negara dana kelurahan, hukum pidana anak serta kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di wilayah kecamatan Garut kota, kabupaten Garut, Jawabarat. Kamis (26 September 2019) Siang.

Kegiatan yang berlangsung di Aula kantor kecamatan Garut kota, kabupaten Garut, secara langsung dibuka oleh Camat Garut kota, Drs Bambang Hafidz M,.Si.

Hadir dalam kesempatan tersebut,
Para Kepala Kelurahan, LPM, serta perwakilan Rukun Warga disetiap wilayah dikecamtan Garut kota.

Penyuluhan Hukum tersebut bertujuan agar para kepala Desa/Kelurahan paham mengenai ketentuan hukum yang perlu dipedomani dalam mengelola Dana Desa.

“Selama ini masyarakat di pedesaan selalu termajinalkan dalam mendapatkan dan menikmati hasil pembangunan. Dikatakan demikian, sebab selama ini pembangunan hanya dipusatkan di wilayah perkotaan. Kita bisa lihat bagaimana jalan diperkotaan begitu mulus, bahkan pendapatannya pun lebih besar, suatu hal yang sangat jauh dengan kehidupan dipedesaan,” ujar Dr.Marojahan JS Panjaitaa, S.H., M.H selaku narasumber dalam penyuluhan hukum STHB yang Bekerjasama dengan Pihak Kecamatan Garut Kota.

Dalam upaya menciptakan kebahagiaan dipedesaan, lanjutnya digulirkan dana yang berasal dari APBN yang disebut Dana Desa.

“Dana Desa tersebut digunakan untuk membiayai Penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan Masyarakat” katanya

Lebih jauh disampaikan, Dana Desa/Kelurahan wajib dikelola berdasarkan asas Transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

Sementara, Camat Garut Kota Drs.Bambang Hafidz yang membuka langsung pelaksanaan penyuluhan tersebut mengukapkan rasa , berterimakasihnya terhadap pihak STHB yang telah memberikan penyuluhan hukum diwilayah kecamatan Garut kota.

“Hal ini tentunya bisa dikatakan gayung bersambut, karena pihak kamipun sangat memerlukan berkaitan dengan aspek-aspek hukum yang perlu kami ketahui, pahamai dan dikuasai, intinya kami mengucapkan terimakasih kepada pihak STHB,” Pungkasnya. (Indra R)

BAGIKAN