UPI Bandung Gelar Workshop, Bersama 40 Orang Guru IPS Terpilih

847

GARUT, (KF).- Bertempat diaula kampus SMPN 1 Garut, Jalan Ahmad Yani, Kec. Garut Kota, Garut Jawa Barat. 40 tenaga pendidik yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kabupaten Garut mengikuti Workshop Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru IPS, Sabtu (27/07/2019).

Ketua panitia workshop, Muhamad Iqbal, S.Pd., M.Si menuturkan workshop ini bisa terselanggara diawali dengan proses seleksi hibah untuk pengabdian kepada masyarakat.

“Alhamdulillah team dosen Program Studi (Prodi) IPS mendapatkan hibah tersebut dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung,” ucap Iqbal.

Lanjut dijelaskan Iqbal, tujuan dari workshop ini adalah bagaimana meningkatkan mutu guru IPS yang ada di Kabupaten Garut agar bisa membuat riset proposal PTK.

Selain itu kata Iqbal agar mereka (guru IPS-red) bisa membuat artikel publikasi di International Journal Pedagogy Of Social Studies yang telah kami buat di Prodi IPS.

“Tentunya kedepannya para guru guru IPS tersebut bisa bekerjasama dengan UPI baik dalam konteks riset maupun produk karya ilmiah,” harap Iqbal yang juga Dosen Prodi IPS Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UPI Bandung.

Dalam workshop ini ucap Iqbal ada 3 tahapan yang harus dilalui oleh peserta workshop.

“Tahap pertama peserta harus bisa menganalisa permasalahan pembelajaran IPS di kelas dan membuat riset Penelitian Tindakan Kelas dipaparkan oleh Dr. H. Dadang Sundawa, M.Pd. Kemudian tahap kedua peserta secara teknis bisa membuat artikel ilmiah baik berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris diisi oleh Muhamad Iqbal, M.Si. Sedankan yang ketiga yang dipandu oleh Mina Holilah, M.Pd terkait dengan kemampuan peserta agar bisa registrasi secara online ke jurnal yang ada di lingkungan UPI,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua MGMP IPS Kabupaten Garut, H Beni Kustiana sangat mengapresiasi workshop ini karena akan menunjang terhadap pembuatan PTK.

“Selain itu sangat menunjang terhadap proses kenaikan pangkat dan golongan bagi kami sebagai guru,” tuturnya.

Beni berharap kedepannya pihak UPI bisa melaksanakan workshop ini secara berkesinambungan dan lebih baik lagi. (J Gunawan)

Editor : Indra R