UPT PUPR Garut Kota Lakukan Normalisasi Drainase Aliran Sungai Cimaragas Blok Dayeuhandap

68
Ket Foto : UPT PUPR Garut kota Saat pelaksanaan kegiatan penggelontoran.

Koran-Fakta.com (KF).- Guna menanggulangi banjir disaat musim penghujan. UPT Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman dan Penataan Ruang (PUPR) Kecamatan Garut Kota, kabupaten Garut Jawabarat. Melakukan normalisasi atau penggelontoran drainase anak sungai Cimaragas Blok Dayeuhandap.

Kegiatan penggelontoran drainase sungai yang dilakukan saat ini dilakukan secara berkala, sehingga kegiatan normalisasi sungai atau penggelontoran berjalan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Kegiatan ini rutin dilakukan guna menanggulangi banjir atau genangan air yang keluar dari drainase tersebut,” ujar kepala UPT PUPR Kecamatan Garut kota, Undang Suherman ST,s M,Si saat ditemui koran-fakta.com. Senin (15/6/2020).

Lanjut disampaikan. Sebelum melakukan penggelontoran pihaknya mengaku melakukan monitoring terlebih dahulu agar pekerjaan tersebut sesuai rencana.

“Monitoring dilakukan, untuk menjamin keberhasilan jalannya pekerjaan agar tidak ada terjadi masalah dari ,” tuturnya

Kendati demikian, pihaknya mengaku sering kali mengalami kendala saat melakukan normalisasi atau penggelontoran.

“ Permasalahan yang paling sering terjadi adalah banjir dari genangan air akibat curah hujan yang tinggi. Kondisi permasalahan ini membutuhkan kajian dan identifikasi terhadap sistem saluran drainase yang ada dalam mengatasi masalah genangan tersebut,” kata ia

Disampaikan pula eksisting dikawasan badan jalan khusunya beberapa titik diwilayah perkotaan masih menggunakan saluran lama.

“Seperti di jalan Cikuray Garut kota juga beberapa titik lainnya, mengunakan ukuran D 0.40, sehingga mempersulit saat pelaksanaan penggelontoran,” ungkapnya (Indra R)

BAGIKAN