Wabup Apresiasi Pusat Layanan Kesehatan Yang Melakukan Vaksinasi Jemput Bola

23
Foto istimewa

GARUT (KF).- Petugas tenaga kesehatan bersama TNI dan Polri mendatangi salah satu warga yang sedang membajak di ladang,untuk memberikan vaksinasi covid-19. Upaya jemput bola tersebut dilakukan lantaran para lansia tersebut tidak mampu mendatangi pusat layanan kesehatan.

Para tenaga kesehatan bersama sejumlah satgas covid tingkat kecamatan lainnya  terpaksa berjalan kaki melewati jalan setapak di arel pesawahan untuk melakukan vaksinasi di kampung tipar desa cikelet kecamatan cikelet para petani  langsung diberikan suntikan vaksin covid-19 usai menjalani skrining.

Yang menjadi kendala di daerah garut selatan medan yang jauh untuk melakukan vaksinasi sehingga para tenaga kesehatan harus berjuang sekuat tenaga untuk melakukan vaksinasi para lansia

Kepala puskesmas cikelet dadang  mengatakan vaksinasi door to door ini dilakukan lantaran terdapat sejumlah warga di pedesaan setempat yang tidak mampu mendatangi layanan pusat kesehatan karena kondisi yang tidak memungkinkan jauh ke tempat layanan kesehatan.

Dadang menambahkan kita tetap semangat meskipun medan cukup terjal untuk menjangkau vaksinasi door to door ini sebelumnya masyarakat sempat tidak mau ada cerita yang sangat lucu sampai masyarakat saking tidak mau divaksin memanjat pohon, setelah diberi pemahaman alhamdulillah partisipasi vaksinasi untuk masyarakat sekarang  tinggi

Dadang mengungkapkan puskesmas cikelet akan terus menyasar warga yang mengalami kesulitan akses menuju pusat-pusat pelayanan Kesehatan.

Mudah – mudahan langkah ini bisa mempercepat proses vaksinasi untuk lansia dan kabupaten garut kembali ke leval 2.

Sementara itu wakil bupati garut dr helmi budiman mengatakan saya sangat mengapresiasi jurus – jurus jitu yang dilakukan oleh puskesmas – puskesmas khususnya  yang berada di daerah selatan dalam upaya melakukan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh puskesmas cikelet mereka door to door menjemput bola kepada para lansia yang berada di desa – desa.

Jadi kita harus door to door, Bagi lansia yang sudah menerima vaksinasi tahap I dan tahap II, kami sampaikan tetaplah menerapkan Protokol Kesehatan 4M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Selanjutnya tetaplah berperilaku hidup sehat, karena melakukan pencegahan yang sangat penting. (Yogi)

Editor : Indra R

BAGIKAN