Wabup Garut Hadiri Acara Gerakan Sejuta Pohon Sedunia 2022 di Mangkubumi Cibatu

30
Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri acara Gerakan Sejuta Pohon Sedunia 2022 yang diinisiasi oleh Yayasan Kelompok Kerja Salarea (Salarea Foundation) yang bekerja sama dengan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) di Kampung Mangkubumi, Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Senin (10/1/2022).

GARUT (KF). – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri acara Gerakan Sejuta Pohon Sedunia 2022 yang diinisiasi oleh Yayasan Kelompok Kerja Salarea (Salarea Foundation) yang bekerja sama dengan PT. Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) di Kampung Mangkubumi, Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Senin (10/1/2022).

Wabup menyampaikan apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan penanaman pohon yang dapat memberikan perlindungan terhadap lingkungan. “Dan pada hari ini Insha Allah kita akan membuat sebuah kegiatan yang memberikan harapan bagi masa yang akan datang,” ucapnya.

Menurut dr. Helmi, merawat pohon yang telah ditanam tidak kalah pentingnya dari penanaman pohon, untuk menjaga pohon yang telah ditanam agar tetap tumbuh dengan baik.

Wabup Garut mengajak seluruh masyarakat agar melakukan penanaman pohon demi investasi di masa yang akan datang.

“Kita semua harus bareng, bareng-bareng bagaimana menanam dan memelihara pohon-pohon yang tentu kita harapkan akan menjadi investasi kita kedepan,” ujar Wabup Garut.

Sementara itu, Ketua Salarea Fondation juga selaku Ketua Pelaksana, Dadan M Ramdan, menyampaikan, pihaknya merencanakan penanaman 3 ribu pohon yang terletak di tiga lokasi yang dua diantaranya yaitu di Mangkubumi, Kecamatan Cibatu dan di Pasirwaru, Kecamatan Limbangan.

“Sementara itu (tempat ketiga) itu di bantaran kali yang kemarin terkena banjir, sudah habis, pohonnya itu hanyut, bambu-bambunya pun udah ke angkut kemana gitu, sehingga perlu di rehabilitasi,” ucapnya.

Selain acara penanaman pohon, Dadan menuturkan, di tahun ini pihaknya tengah mengembangkan salah satu program yaitu Rumah Semai yang berfungsi untuk penyemaian bantuan kepada para petani.

“Karena kita fokus pembinaan Jamkrindo sama Salarea Fondation di budidaya kopi pak, jadi kita udah membangun demplot kopi dari CSR Jamkrindo 1 hektar, dan ada tambahan lagi 2 hektar dari mitra kita yang lainnya,” lanjutnya.

Perwakilan Jarkrimdo, Nenden Kania, menyebutkan, pihaknya mendapatkan tugas dari Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk melaksanakan tiga hal prioritas di tahun 2022, yaitu lingkungan, pendidikan, dan pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

“Nah ini saat ini di kesempatan yang berbahagia ini kami dari Jamkrindo ingin mengembangkan lingkungan di sini di Mangkubumi, kita ada tema yaitu hidupkan bumi tanamkan harapan,” tandasnya. (Yogi)***

Editor : Indra R

BAGIKAN