Warga Dan UPT PUPR Garut Kota, Lakukan Pengerukan Akses Utama Penggelontoran Kota

93
Ket Foto : Warga Saat pelaksanaan kegiatan pengerukan sungai Cimaragas. (Foto oleh: Indra R)

Koran-Fakta.com (KF).- Puluhan Warga masyarakat dilingkungan RW 03 kelurahan kota kulon, kecamatan Garut kota kabupaten Garut Jawabarat. Antusias melakukan pengerukan dengan cara gotong royong. Rabu (29 Juli 2020) Siang.

Pengerukan yang dilakukan warga tersebut, tentunya geliat program Dinas PUPR, melalui UPT PUPR Kecamatan Garut kota. Guna meminimalisir terjadinya luapan banjir ketika datang musim penghujan.

Selain tokoh masyarakat, dan puluhan warga masyarakat nampak hadir Kasubag UPT PUPR Erwin dalam pelaksanaan kegiatan pengerukan tersebut sehingga status dan peranan antara pemerintah terlihat nampak seimbang.

“ Untuk wilayah di lingkungan RW 03 ini dilakukan pengerukan sepanjang 150 Meter dengan ketinggian 45 sampai 50 Cm,” ujar Erwin saat ditemui wartawan.

Lanjut Erwin selain diwilayah 03 ini beberapa titik sungai Cimaragas yang berada dilingkungan kerja UPT PUPR juga sama halnya dilakukan pengerukan seperti saat ini. Pasalnya sungai Cimaragas ini merupakan akses penggelontoran bagi 4 wilayah Dikecamatan Garut kota.

“ Pengerjaan pengerukan ini untuk mengurangi resiko terjadinya banjir dan genangan genangan dari luapan sungai, bahkan aliran sungai ini merupakan akses utama penggelontoran air ke beberapa wilayah, seperti wilayah kelurah Paminggir, Regol, juga beberapa wilayah lainnya Dikecamatan Garut kota,” kata ia

Ditempat yang sama, dengan adanya program pengerukan sungai di lingkungan RW 03, ketua RW Sani Zulkarnain menyambut baik program dari pemerintah tersebut.

“ Tentunya kita sangat menyambut baik program pemerintah melalui UPT PUPR Garut kota ini, sehingga program ini tentunya akan lebih nyaman dan tidak akan menimbulkan kehawatiran warga akan luapan sungai,” ungkapnya.

Sambung ia, pihaknya berharap masyarakat dilingkungan RW 03 khusus umumnya warga masyarakat yang dilintasi sungai Cimaragas ini bisa lebih sadar akan lingkungan.

“ tentunya kami berharap masyarakat bisa sadar akan kebersihan, sehingga sungai yang sudah di bersihkan tidak lagi dikotori dengan sampah rumah tangga,” harapnya (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN