Yuda; Pelunasan Bank Emok Ada Dua Sisi Yaitu Sisi Baik dan Buruk

193

Koran-Fakta.com, (KF).- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Garut dari Fraksi PDI-Perjuangan Yuda Puja Turnawan meminta pemerintah daerah memperjelas kriteria peminjam Bank Emok yang akan dilunasi hutangnya oleh Pemkab.

Menurutnya, kriteria warga yang akan dilunasi hutangnya pada Bank Emok yang tidak tercatat di otoritas jasa keuangan itu masih belum jelas.

Yuda yang juga Ketua DPC PDIP Garut itu, berharap, pelusan hutang nasabah Bank Emok tersebut. Hanya diprioritaskan kepada warga miskin atau pihak yang terpaksa meminjam untuk modal usaha.

“Saya melihat kebijakan tersebut seperti dua sisi mata uang, ada baik ada yang kurang baik. Kebijakan itu membutuhkan ketajaman mekanisme atau sistemnya,” ucapnya, (10/4)

”Harus ada parameter, verifikasi siapa saja pihak pihak yang akan dilunasi hutangnya. Kalau menurut saya beberapa pihak yang tidak mampu dalam segi ekonomi, yang bergerak di sektor produktif seperti penjual bala-bala (gorengan-red), pedagang kecil yang terdampak wabah korona dan punya hutang ke Bank Emok itu yang sepatutnya diprioritaskan dilunasi,” ujarnya.

Hal positifnya dari program pelunasan ke Bank Emok itu, kata Yuda, Pemda bisa melakukan pemetaan ekonomi warga, siapa saja yang terjerat rentenir, jumlah Bank Emok di Garut, hingga menentukan strategi melalui kebijakan penguatan ekonomi masyarakat kedepan.

“Hal buruknya ini terlalu menguntungkan pelaku Bank Emok, banyak yang minta utangnya diselesaikan. Ini fenomena gunung es, di RW 12 Desa Regol saja ada sekitar 60 orang itu yang maksimal satu juta,” katanya.

“Disini saja satu kelurahan ada 23 RW, sedangkan anggaran Pemda hanya Rp10 Miliar untuk tagihan di bawah satu juta berarti untuk 10 ribu orang, tentu ini harus ada kebijakan lebih tajam dari bagian ekonomi. Kan banyak juga minjem uang sifatnya hanya konsumtif, tidak produktif, jangan sampai orang punya mobil kalangan atas dibantu program Pemda ini,” tuturnya.

Karenanya Yuda menegaskan, kepada Pemkab Garut, dalam hal ini Bagian Ekonomi yang mendapat kewenangan sebagai juru bayar, supaya tidak salah sasaran, mengingat jumlah nasabah Bank Emok diperkirakan lebih dari 10 ribu.(Jay)

Editor: J Gunawan

BAGIKAN