Yudha : Bupati Harus Memperhatikan Kebutuhan Air Bersih Bagi Warganya

104
Ket Foto : Yudha Puja Turnawan saat Menggelar RESES dan Pengobatan Gratis. (Foto istimewa).

KORAN-FAKTA.Com (KF).- Ketua DPC PDIP Kabupaten Garut, yang juga Anggota DPRD Garut, Yudha Puja Turnawan, mengatakan, akses air bersih di daerah perkampungan di Garut, Jawa Barat mulai berkurang, dan warga di daerah yang dekat dengan sumber air pun mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Sebagai contoh, kata Yudha di Desa Dangiang, Kecamatan Cilawu, di sana ada lima kampung yang warganya kesulitan mendapatkan air bersih, diantaranya Kp. Ciomas, Kp. Kiarajangot, Kp. Ciharus, Kp. Negla, Kp. Sindangdawung, dan Kp. Cikuwiwi.

Saat kegiatan pengobatan gratis, di Aula Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan Garut.

” Saat kami reses , di sana ada lima Kampung yang warganya minta ada pipanisasi untuk air bersih. Pada periode kemarin saya  mempasilitasi pipanisasi hanya di Kp. Negla. Ternyata semua warga kampung yang ada di Desa Dangiang meminta akses air bersih, padahal daerah itu ada di ketinggian yang sumber airnya cukup banyak,” ungkapnya.

sebab itu, lanjut anggota legislatif yang sudah dua kali terpilih dari Dapil 1 itu, dalam rangkaian ulang tahun PDIP ke 47  akan dilaksanakan penanaman pohon.

” Pada rangkaian ultah PDIP kita akan melakukan penanaman pohon untuk menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya  menjaga lingkungan hijau sebagai resapan air, agar keberadaan mata air bersih tetap terjaga,” ujarnya.

Yudha pun meyebutkan,  akses air bersih untuk masyarakat akan menjadi perhatian khusus partainya, mengingat air bersih sebagai kebutuhan dasar manusia.

” Mengenai air bersih ini akan jadi prioritas kami. Karena  berbicara soal air bersih, berarti menjadi urusan wajib pemerintah kaitan dengan pelayanan dasar bagi masyarakat,” tegasnya, diwawancarai  saat melaksanakan reses di Aula Kantor Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Selasa (21/01/2020). Siang.

Karenanya Ia berjanji akan membawa persoalan akses air bersih pada Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah.” Bupati harus mau memperhatikan masalah air bersih ini, karena ini menyangkut kewajiban pemerintah untuk menyediakan kebutuhan dasar masyarakatnya,” tandas Yudha.

masa sidang pertama Tahun Anggaran 2020 ini, Yuda telah melaksanakan reses sebelumnya di Desa Dangiang, Kecamatan Cilawu. Di kedua titik ini, Yuda melaksanakan resesnya dengan diawali pemeriksaan kesehatan dan  pengobatan gratis bagi masyarakat di dua desa tersebut. (Jay).

Editor : Indra R

BAGIKAN